Kamis, 29 November 2012

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menginstal ulang komputer



Kita biasanya menginstal ulang komputer, apabila komputer sudah terkena dengan virus yang sudah merusak windows dan registry yang tidak bisa lagi diperbaiki dengan anti virus. Komputer semakin lambat, walaupun kita sudah gunakan anti virus ataupun tools yang lain, yah mau tidak mau kita install ulang windows komputer.
Nah ada hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menginstal ulang komputer.


Mempersiapkan Program atau Software
Sebelum kita menginstal ulang komputer, pastikan semua program komputer sudah tersedia. Misalnya yang paling penting yaitu driver komputer, Microsoft Office, Anti Virus dan program lainnya.


Operating System
Persiapkan Operating System (OS) yang akan digunakan, apakah Windows XP, Windows 7, atau Window Vista. Biasanya saat kita membeli komputer atau laptop baru, sudah tersedia CD OS Restoration (kalau tidak ada yah pake CD/DVD Windows yang sudah disiapkan).


Backup Folder yang penting
Sebelum kita menginstal ulang komputer, pastikan semua data telah dibackup terlebih dahulu. Misalnya folder di My Document, karena data-data seperti Microsoft Office tersimpan di folder My Document.
Pada Windows 7, Folder Musics, Pictures dan Videos terletak didalam Folder Documents. Jadi backup saja keseluruhan data di Folder Documents. Jangan lupa backup game, periksalah baik-baik data Anda, kemungkinan masih ada data penting yang tersimpan di drive C.


Bookmarks
Anda tahukan bookmarks... yaitu alamat situs yang kita sukai dan menyimpannya. Pastikan bookmarks browser kita dibackup. Bookmarks untuk browser IE terletak di bawah C:/Users//Favorites/. Kalau browser Mozilla Firefox dan Chrome, dapat diexport bookmarks ke HTML atau backup dalam file JSON (Firefox).


Cara Membackup
Ada beberapa cara untuk membackup data-data kita, data ditaruh di drive D atau E, data bisa di simpan ke hardisk external atau flashdisk dan juga bisa di burning ke DVD.
Demikian hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menginstal ulang komputer, semoga bisa membantu.

0 komentar:

Posting Komentar